Cara Perawatan Murai Batu Untuk Lomba / Kontes

Perawatan Murai Batu Untuk Lomba – Bagaimana cara merawat murai batu untuk kontes atau perlombaan, nah kali ini saya akan memberikan informasi mengenai cara merawat murai batu untuk kontes perlombaan burung kicau, sebetulnya perawatan harian murai batu ini sangatlah mudah sekali tinggal kita konsisten atau tidak dalam merawat muarai batu dengan benar atau tidak, cara perawatan burung murai batu ini saya ambil dari beberapa nara sumber para peserta yang menang saat lomba murai batu.

Nah, sebelum saya membahas lebih jauh mengan cara perawatan murai batu untuk lomba, ada baiknya sobat kicau mania menyimak ulasan demi ulasan yang akan saya bahas mengenai informasi burung murai batu ini, perlu sobat kicau mania ketahui sbelum melakukan metode cara perawatan murai batu dnegan benar ada baiknya anda juga menganali atau mengerti karakter dari burung murai batu anda, entah itu mempunyai karakter susah fight atau gampang galak, mental sudah matang atau belum.

Jika sudah mengetahui karater burung murai batu yang kita pelihara, kita bisa mengatur atau mengontrolnya melalui metode pola makan murai batu yang benar dan pemberian pakan jenis extra fooding, pasti sobat kicau mani sudah sangat paham sekali jika jenis burung kicau murai batu ini adalah salah satu jenis burung kicau yang selalu menjadi primadona di antara jenis burung kicau lainnya, jika tidak heran jenis burung murai batu ini adalah jenis burung yang bertipkal mempunyai suara gacor merdu dan indah, di samping itu burung MB juga pandai menirukan suara burung kicau lainnya.

cara perawatan murai batu untuk lomba

#Suaraburung.info

Seperti suara cililin, prenjak / ciblek, cucak jenggot dan sebagainya, di beberapa kontes lomba muari batu yang di adakan di beberapa daerah banyak sekali di temui jenis suara burung murai batu full isian, nah bagi sobat kicau yang ingin mengetahui bagaimana cara perawatan murai batu untuk lomba atau kontes mari kita simak beberapa ulasan singkat di bawah ini mengenai cara merawat burung murai batu untuk persiapan perlombaan atau kontes sebagai berikut.

Baca Juga  Daftar Harga Burung Murai Batu Terupdate 2018

Cara Perawatan Murai Batu Untuk Lomba

Metode Pola Perawatan Harian Murai Batu Lomba

  • Pada saat pagi hari skitar pukul 6.30 anda bisa mengangin-anginkan murai batu di depan teras kurang lebih 15 menit.
  • Setelah itu Berikan 4-5 ekor jangkrik, potong pada bagian kepala, kaki dan sayap jangkrik, karena pada bagian itu sulit di cernah oleh burung murai batu.
  • Jika sudah anda bisa memberikan 1 1/2 sendok makan kroto yang sudah di bersihkan terlebih dahulu.
  • Jemur selama 1-2 jam tergantung pada kondisi cuuca dan terkadang ada juga jenis burung murai batu yang tidak mau di jemur terlalu lama, semua itu tergantung pada burung murai batu anda.
  • Setelah itu anda bisa angin anginkan lagi selam 30 menit, setelah itu bisa di tutup lagi.
  • Cara selanjutnya anda bisa menggantang di tempat yang sangat teduh dan di kelilingi burung isian.
  • Setelah jam sudah menujukan pukul 3 sore, anda bisa memandikan muari batu.
  • anda bisa memberikan jangkrik lagi 4-5 ekor dan potong pada bagian kaki, kepala dan sayapnya.
  • jika sudah dirasa sudah anda bisa menyimpan burung muari batu anda di tempat yang tenang serta sedikit gelap agar burung murai batu anda bisa beristirahat.

Untuk pemberian viatmin bisa anda lakukan 2 kali saja dalam seminggu, di karenakan jenis burung murai ini sedikit sensitif dengan bau bauan yang sangat berlebihan, jika anda terlalu memberikan yang akan di takutkan burung murai batu anda akan menjadi serak.

#Perawatan Murai Batu 1 Minggu Sebelum Lomba

  • Hari pertama sampai hari ke tiga anda masih bisa menarapkan cara perawtan harian yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Untuk hari ke empat pola perawatan sedikit di tingkatkan, dengan memberikan jangkrik 8 pagi dan 7 sore total jadi 15 ekor jangkrik dalam satu hari.
  • Hari ke lima, anda bisa meningkat lagi pemberian jangkrik bisa 9 pagi dan 9 sore lalu tambahkan dengan pemberian ulat hongkong 4 ekor.
  • Hari ke enam, anda bisa meningkatan lagi pemberian pakan jenis EF jangkrik 13 pagi dan 10 sore jadi total 23 ekor jangkrik, tambahkan 4 ekor jangkrik, serta 1 setengah sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, anda bisa krondong full seharian di tempat yang tenang dan teduh.
  • Hari H hari ketujuh pagi hari anda bisa memberikan 10 ekor jangkrik, 4 ekor ulat hongkong dan 2 sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, usahakan murai batu jangan di mandikan dulu, jika masih menunggu perlombaan anda bisa menjauhkan burung murai batu anda di tempat yang jauh dari area perlombaan.
  • Jika murai batu akan di turunkan lagi pada babak berikutnya anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong dan jauhkan dari area perlombaan, usahakan jangan di mandikan dulu.
Baca Juga  Ciri Murai Batu Over Birahi Serta Penangananya

Nah itu tadi beberapa ulasan singkat mengenai bagaimana cara perawtan murai batu untuk lomba, perlu sobat ketahui jenis burung murai batu ini adalah salah satu jenis burung bertipikal fighter yang cukup tinggi, jadi haru benar benar membutuhkan kondisi yang benar benar fit dan prima saat perlombaan, semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah wawasan anda dalam mengatahui cara merawat murai batu untuk perlombaan atau kontes ini
dengan benar.