Cara Perawatan Murai Batu Agar Rajin Gacor

Perawatan Murai Batu – Jenis burung yang satu ini masih menjadi salah satu jenis burung kicau idaman para sobat kicau mania, burng murai batu ini ada berbgai jenis di indoneisa yang tersebar luas di beberapa pulau di indonesia seperti di sumateta, kalimantan, nias dan berbagai pulau lainnya di Indonesia ini, dengan ciri khas suara gacor ngeplong dari burung murai batu ini jadi daya tarik tersendiri di samping pandai memainkan melodi setiap kicau kicauan yang sangat merdu murai batu juga mempunyai sifat pandai yaitu pandai menirukan suara jenis burung kicau lainya, perlu anda ketahui murai batu ini masih kerabat dekat dengan jenis burung kacer.

Yang masi satu spesies dari golongan Muscicapidae, nah rata rata dari jenis spesies Muscicapidae ini mempunyai jiwa petarung dengan suara kicau yang merdu serta ngotot dalam bahasa jawanya ngeyel jika sudah berkicau, perawakan dari murai batu ini juga terbilang cukup tegas seperti halnya saudara terdekatnya yaitu burung kacer, bagi sobat kicau mania yang ingin memiliki jenis burung murai batu yang memiliki suara gacor dengan volume kersa di serta rentetan gacor durasi panjang bukanlah hal yang instan.

Akan tetapi memerlukan terapi metode perawatan harian murai batu, terus bagaimana untuk bisa memiliki jenis burung murai batu dengan suara gacor yang berkualitas? nah bagi anda yang ingin mempunyai burung murai batu super gacor dan berkualitas, anda juga harus mempunyai banyak waktu dalam merat murai batu di setiap harinya mulai dari pemandian murai batu, metode pemberian pakan murai batu serta pemasteran yang efektif agar murai batu mudah untuk di master.

cara perawatan murai batu, cara merawat murai batu untuk lomba, perawatan murai batu muda hutan, cara merawat murai batu borneo, murai batu biar gacor terus, perawatan murai batu bakalan, cara merawat murai lampung super, cara bikin murai batu rajin bunyi, cara membuat murai batu gacor dan jinak

Baca Juga  Mengenal Lebih Dekat Ciri Jenis Burung Murai Batu Medan
#Suaraburung.info

Nah, bagi sobat kicau mania yang sudah memiliki burung murai batu bakalan atau dewasa bawasan metode pola perawatan murai batu bakalan & dewasa ini sebenarnya tidak sulit dan rumit yang seperti sobat bayangkan, nah bagi anda yang ingin mengetahui cara merawat murai batu mari kita simak ulasan di bawah ini sebagai berikut.

Cara Perawatan Murai Batu

  • Pemberian Pakan Extra Fooding (EF)

Ekstra fooding adalah salah satu penunjang cara merawat burung murai batu secara harian agar cepat gacor, akan tetapi bagi sobat kicau mania jangan terlau over unutk memberikan pakan jenis EF ini, yang di takutkan murai batu anda akan OB atau Over Birahi, jika sudah over biasanya macet bunyi, unutk memulihkan keadaan yang demikan anda bisa menggunakan mp3 suara burung muai batu betina untuk memikat jantan, kembali ke topik semula pemberian jenis pakan ekstra fooding ini anda bisa memberikan jenis pkan EF seperti belalang hijau, ulat bumbung atau ulat bambu, cacing tanah, untuk jenis pakan ef seperti ulat hongkong harus di perhatikan jang berlebihan unutk memberikan pakan jenis ulat hongkong jika berlebihan akan menimbulkan penyakit katarak pada murai batu anda.

  • Metode Pemasteran Murai Batu

Untuk memaster murai batu anda bisa menggunakan burung masteran lainya atau bisa juga dengan menggunakan audio mp3 suara murai batu, jika anda ingin mempunyai murai batu dengan suara yang bervariasi, anda juga bisa menggunakan suara burung prenjak / ciblek, cililin, tengkek buto, kacer, burung gereja dan masih banyak yang lainya jika anda menginginkan suara bervariasi duarasi panjang anda juga bisa menggukanan suara burung kenari, blackthroat.

  • Cara Perawatan Murai Batu Secara Alami
Baca Juga  Cara Membedakan Murai Batu Jantan Dan Betina

Metode ini juga harus di perhatikan juga dengan cara merawat muari batu secara alami bisa membuat burung peliharaan kita akan terasa hidup di alam bebas, burung murai batu anda juga akan merasa lebih nyaman, untuk cara perawatan murai batu seperti ini, bisa anda lakukan sering menggantang di bawah pohon yang rindang atau di depan rumah akan tetapi banyak tumbuhan di sekitarnya.

Info Tambahan Mengenai Cara Merawat Murai Batu Yang Benar

  • Anda bisa menggantang di teras rumah selama 30 menit sebelim memandikan burung murai batu.
  • Jika sudah menggantang selama 30 menit anda bisa langsung memandikan dengan menggunakan metode penyemprotan menggunakan spray atupun dengan menggunakan keramba.
  • Jika selesai memandikan anda bisa menjemur MB selama 1-2 jam agar bulunya kering.
  • Anda juga harus sering membersihkan kandang secara rutin dan berkala setiap pagi dan sore hari, untuk menjadga kandang dari virus dan penyakit yang akan menyerang MB anda.
  • Anda bisa mengganti pakan voer yang bari dan minuman yang baru di setiap harinya, aga MB anda tidak mudah tersrang penyakit.
  • Setelah proses penjemuran atau pengeringan bulu MB anda bisa langsung memberikan pakan jenis EF extra fooding, seperti jangkrik dan lain lainya.
  • Setelah itu anda bisa angin anginkan burung murai batu anda di depan teras selama kuarng lebih 20 sampai 30 menit.
  • Untuk pemasteran bisa di lakuakn mulai dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.
  • Sekitar jam 4 bisa anda berikan pakan jenis ef lagi.
  • Jika cuaca mendukung anda bisa memandikan MB anda lagi.
  • Jika sudah memasuki magrib jam 6 anda bisa langsung mengkrodong MB anda.
  • Untuk jenis pakan EF lainya bisa anda berikan kroto 2 minggu sekali dan berikan cacing satu minggu sekali.
  • Anda juga bisa menambahkan mulitivitamin dengan cara di campur pada air minim MB setipa 3 kali dalam satu minggu, unutk menjaga setamina dan terhindar dari penyakit.
  • Lakukan cara memindahkan MB kekandang umbaran selama 3 kali dalam satu minggu, untuk lama pemindahan ke kandang umbaran anda bisa dengan durasi 4 sampai 5 jam.
Baca Juga  Makanan Burung Murai Batu Agar Cepat Rajin Gacor

Nah, itu tadi cara perawatan harian burung MB, metode cara perawatan murai batu yang benar ini bisa anda lakukan secara konsisten dan berkala, gara memliki suara burung murai batu juara nasional, semoga dengan adanya informasi mengenai cara perawatan harian MB, cara merawat murai batu untuk lomba, perawatan murai batu muda hutan, cara merawat murai batu borneo, murai batu biar gacor terus, perawatan murai batu bakalan, cara merawat murai lampung super, cara bikin murai batu rajin bunyi, cara membuat murai batu gacor dan jinak ini, bisa menambah wawasan anda dalam mengetahui cara dan langkah yang benar dalam merawat murai batu.