Mengenal Lebih Dekat Ciri Jenis Burung Murai Batu Medan

Ciri Murai Batu MedanMengenal Lebih Dekat Ciri Jenis Burung Murai Batu Medan, sudah tidak di ragukan lagi ketenaran dari Burung MB Medan ini, di kalangan para sobat kicau mania jenis murai batu medan adalah salah satu jenis burung kicau yang sangat di minati semua para soabt kicau mania atau MBL mania, jenis murai batu medan ini selalu laku di pasaran dan selalu di cari oleh penghobi burung kicau di nusantara ini, sebutan latin dari murai batu yaitu Copsychus, pastinya anda sudah mengetahui bagaimana volume gacor ngeplong dari murai batu ini sangat keras dan mempunyai kicauan yang sangat merdu pula.

Perlu sobat ketahui burung murai batu ini sangat pandai dan cerdas dalam menirukan suar burung berkicau lainya, ke unikan yang paling tampak dari ciri jenis burung murai batu medan ini yaitu memiliki ekor yang sangat panjang hingga mencapai 26 – 30 cm, untuk bodey dari jenis burung murai batu medan ini lebih berbeda dengan jenis jenis burung murai batu yang berada di nusantara ini seperti murai batu lampung, nias, borneo, lahat dan murai batu air, ke semua ciri jenis murai batu mempunyai ke unikan tersendiri dan mempunyai ciri khas yang berbeda beda.

Jika sampai saat ini masih banyak sekali para penghobi burung murai batu medan yang memburunya untuk di pelihara jadi tidah heran jika di setiap pasar burung jenis burung murai batu medan ini selalu cepat habis, walaupun yang terjual adalah jenis burung murai batu medan bakalan maupun murai batu anakan, jika di lihat dari sergi harga muraibatu ini sedikit lebih mahasl di banding dengan jenis burung kicau lainya, apa lagi anda mempunyai burung murai yang memiliki suara gacor ngeplong dan sudah juara pastinya itu semua akan mendongkrak harga jual melambung tinggi dan mendapatkan keuntung tersendiri bagi anda.

ciri jenis burung murai batu medan

#Suaraburung.info

Bagi sobat kicau mania yang ingin mengsi suara masteran burung muari batu anda bisa memilih suara full isian seperti, kenari, cililin, lovebird, cendet dan masih banyak yang lainya, untuk populasi dari burung murai batu medan ini terdapat di pulau sumatra dan di pulau jawa, untuk ciri jenis burung murai batu medan yang terlihat jelas oleh mata yaitu bisa anda lihat pada bagian ekornya, nah bagi anda yang ingin mengetahui ciri jenis murai batu medan lebih jelas lagi, mari kita simak ulasan singkat di bawah ini mengenai ciri jenis burung murai batu medan sebagai berikut.

Baca Juga  Semua Jenis Murai Batu Berserta Gambarnya

Ciri Jenis Burung Murai Batu Medan

Anda bisa melihat dari ekor murai batu medan, perlu anda ketahui panjangnya ekor murai batu medan ini bisa menjadi alternatif untuk mengani ciri jenis burung murai batu medan ini lebih mudah, ciri lainya yaitu pada saat di jemur pada bulu murai batu medan akan tampak seperti warna biru gelap, anda juga bisa melihat dari warna kakinya yang merah gelap, jika sudah dewasa akan berubah dan akan timbul sisik pada kai burung murai batu medan ini, ciri lainya yaitu sering menegakan bada atau lebih di kenal denga istilah ngobra.

Kandang / Sangkar Khusus Untuk Murai Batu Medan

Untuk sangkar atau kandang dari burung murai batu medan bisa menurut kebutuhan anda dan burung peliharaan murai batu anda, untuk standartnya yaitu (L) 90 x (P) 90 untuk tinggi kandang atau sangakr murai batu standartnya 180 – 200serta anda bisa menyediakan pangkringan unutk burung murai batu, menggunakan batang kayu yang keras.

#Cara Merawat Murai Batu Yang Benar

  • Anda bisa menggantang di teras rumah selama 30 menit sebelim memandikan burung murai batu.
  • Jika sudah menggantang selama 30 menit anda bisa langsung memandikan dengan menggunakan metode penyemprotan menggunakan spray atupun dengan menggunakan keramba.
  • Jika selesai memandikan anda bisa menjemur MB selama 1-2 jam agar bulunya kering.
  • Anda juga harus sering membersihkan kandang secara rutin dan berkala setiap pagi dan sore hari, untuk menjadga kandang dari virus dan penyakit yang akan menyerang MB anda.
  • Anda bisa mengganti pakan voer yang bari dan minuman yang baru di setiap harinya, agar MB anda tidak mudah tersrang penyakit.
  • Setelah proses penjemuran atau pengeringan bulu MB anda bisa langsung memberikan pakan jenis EF extra fooding, seperti jangkrik dan lain lainya.
  • Setelah itu anda bisa angin anginkan burung murai batu anda di depan teras selama kuarng lebih 20 sampai 30 menit.
  • Untuk pemasteran bisa di lakuakn mulai dari jam 10 pagi hingga jam 3 sore.
  • Sekitar jam 4 bisa anda berikan pakan jenis ef lagi.
  • Jika cuaca mendukung anda bisa memandikan MB anda lagi.
  • Jika sudah memasuki magrib jam 6 anda bisa langsung mengkrodong MB anda.
  • Untuk jenis pakan EF lainya bisa anda berikan kroto 2 minggu sekali dan berikan cacing satu minggu sekali.
  • Anda juga bisa menambahkan mulitivitamin dengan cara di campur pada air minim MB setipa 3 kali dalam satu minggu, unutk menjaga setamina dan terhindar dari penyakit.
  • Lakukan cara memindahkan MB kekandang umbaran selama 3 kali dalam satu minggu, untuk lama pemindahan ke kandang umbaran anda bisa dengan durasi 4 sampai 5 jam.
Baca Juga  Download Suara Burung Murai Batu Medan Juara

Metode Pola Perawatan Harian Murai Batu Lomba

  • Pada saat pagi hari skitar pukul 6.30 anda bisa mengangin-anginkan murai batu di depan teras kurang lebih 15 menit.
  • Setelah itu Berikan 4-5 ekor jangkrik, potong pada bagian kepala, kaki dan sayap jangkrik, karena pada bagian itu sulit di cernah oleh burung murai batu.
  • Jika sudah anda bisa memberikan 1 1/2 sendok makan kroto yang sudah di bersihkan terlebih dahulu.
  • Jemur selama 1-2 jam tergantung pada kondisi cuuca dan terkadang ada juga jenis burung murai batu yang tidak mau di jemur terlalu lama, semua itu tergantung pada burung murai batu anda.
  • Setelah itu anda bisa angin anginkan lagi selam 30 menit, setelah itu bisa di tutup lagi.
  • Cara selanjutnya anda bisa menggantang di tempat yang sangat teduh dan di kelilingi burung isian.
  • Setelah jam sudah menujukan pukul 3 sore, anda bisa memandikan muari batu.
  • Anda bisa memberikan jangkrik lagi 4-5 ekor dan potong pada bagian kaki, kepala dan sayapnya.
  • Jika sudah dirasa sudah anda bisa menyimpan burung muari batu anda di tempat yang tenang serta sedikit gelap agar burung murai batu anda bisa beristirahat.

#Perawatan Murai Batu 1 Minggu Sebelum Lomba

  • Hari pertama sampai hari ke tiga anda masih bisa menarapkan cara perawtan harian yang sudah saya jelaskan di atas.
  • Untuk hari ke empat pola perawatan sedikit di tingkatkan, dengan memberikan jangkrik 8 pagi dan 7 sore total jadi 15 ekor jangkrik dalam satu hari.
  • Hari ke lima, anda bisa meningkat lagi pemberian jangkrik bisa 9 pagi dan 9 sore lalu tambahkan dengan pemberian ulat hongkong 4 ekor.
  • Hari ke enam, anda bisa meningkatan lagi pemberian pakan jenis EF jangkrik 13 pagi dan 10 sore jadi total 23 ekor jangkrik, tambahkan 4 ekor jangkrik, serta 1 setengah sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, anda bisa krondong full seharian di tempat yang tenang dan teduh.
  • Hari H hari ketujuh pagi hari anda bisa memberikan 10 ekor jangkrik, 4 ekor ulat hongkong dan 2 sendok makan kroto yang sudah di bersihkan, usahakan murai batu jangan di mandikan dulu, jika masih menunggu perlombaan anda bisa menjauhkan burung murai batu anda di tempat yang jauh dari area perlombaan.
  • Jika murai batu akan di turunkan lagi pada babak berikutnya anda bisa memberikan 5 ekor jangkrik dan 3 ekor ulat hongkong dan jauhkan dari area perlombaan, usahakan jangan di mandikan dulu.
Baca Juga  Cara Perawatan Murai Batu Untuk Lomba / Kontes